8 Fakta unik Lumba-lumba

8 Fakta unik Lumba-lumba

1. Lumba-lumba Bisa Berkomunikasi dengan Manusia

Lumba-lumba Bisa Berkomunikasi dengan Manusia
Lumba-lumba Bisa Berkomunikasi dengan Manusia
Beberapa Lumba-lumba dapat memahami hingga 60 kata dan dapat membuat hingga 2.000 kalimat. Fakta yang sangat mengejutkan bukan di bandingan simpanse yang jauh mahir, itulah mengapa Lumba-lumba mendapat predikat hewan yang pintar juga.

2. Suka Membonceng atau Mengikuti Kapal Berlayar

Suka Membonceng atau Mengikuti Kapal Berlayar
Suka Membonceng atau Mengikuti Kapal Berlayar
Lumba – lumba senang berenang sambil beratraksi ria dan lompat di tengah laut. begitu sebuahspeed boat lewat di sekitar mereka, mereka mengikuti mereka dapat mencapai kecepatan 28 km/jam. Namun, ketika ada objek berada di sekitar mereka seperti perahu atau speed boat. Maka kecepatan lumba – lumba dapat bertambah. Hal ini terjadi karena pada saat mengikuti speed boatyang sedang berjalan dapat menciptakan gelombang tekanan air dan membuat arus sehingga lumba – lumba tertarik untuk mengikuti arus tanpa mengeluarkan energi mereka. Jadi dengan begitu mereka hanya membonceng melalui media arus tanpa berenang dengan menggunakan tenaga mereka.

3. Lumba-lumba Mampu Mendeteksi Bom dan Ranjau di Laut

Tentara Amerika yang sedang mengetest Lumba-lumba dalam mencari bom.
Tentara Amerika yang sedang mengetest Lumba-lumba dalam mencari bom.
Nah seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Angkatan Laut Amerika menggunakan Lumba-lumba untuk mendeteksi bom dan ranjau di bawah laut itu memang benar. Ini adalah fakta, untuk keperluan tersebut, Lumba-lumba dilatih oleh tim khusus dari Angkatan Laut Amerika hingga mahir untuk mendeteksi keberadaan ranjau dan bom yang dinilai membahayakan di wilayah-wilayah laut tertentu. Oleh karena itu Lumba-lumba sangat diandalkan dibandingkan dengan teknologi yang ada.

4. Lumba-lumba Tertidur Dengan Mata Tetap Terbuka

Lumba-lumba tertidur dengan mata yang masih terbuka.
Lumba-lumba tertidur dengan mata yang masih terbuka.
Lumba-lumba dapat terus terjaga tanpa mengalami kelelahan maupun keletihan akibat terus berenang meraungi lautan. Namun tahukah anda jika mamalia satu ini ketika tidur ia tidak menutup mata seperti hal hewan yang lainnya. Mata Lumba-lumba terus terjaga karena ia harus selalu waspada terhadap keadaan sekelilingnya. Karena sewaktu-waktu bisa saja si Lumba-lumba dimangsa oleh pemangsa yang lebih besar darinya. Oleh karena itulah mata Lumba-lumba tertidur dengan mata yang masih terbuka.

5. Lumba-lumba Bisa Hidup di Air Tawar

Lumba-lumba Bisa Hidup di Air Tawar
Lumba-lumba Bisa Hidup di Air Tawar
Sebagian besar species lumba-lumba hidup di laut. Namun ada kalanya dari beberapa jenis yang terdapat dari lima jenis spesies lumba-lumba yang hidup di sungai berair deras. Biasanya Lumba-lumba air tawar dapat ditemukan di Asia Selatan, sungai Yangtze (China) dan sungai Amazon dan Orinoco (Amerika Selatan).

6. Dapat Membantu Nelayan Mencari Ikan

Nelayan berenang didekat lumba-lumba untuk mencari ikan.
Nelayan berenang didekat lumba-lumba untuk mencari ikan.
Lumba-lumba sering berkerumun di sekeliling kapal nelayan sembari berloncatan. Mereka sebenarnya sedang menuntun ikan-ikan masuk ke dalam jaring nelayan. Bahkan di Brazil, ada lumba-lumba hidung botol memberi tanda ketika jaring nelayan telah penuh dengan ikan.

7. Lumba-lumba Dapat Hidup Sampai Umur 48 Tahun

Lumba-lumba usianya sebentar karena terdampar di pinggir pantai.
Lumba-lumba usianya sebentar karena terdampar di pinggir pantai.
Sebagian para ahli biologi kelautan mengatakan setuju bahwa semasa hidup lumba-lumba adalah 20 tahun. Namun, ada beberapa yang mengatakan juga bahwa lumba-lumba dapat mencapai umur 48 tahun.

8. Terdapat Lumba-lumba yang Berwarna Pink

Lumba-lumba berwarna pink
Lumba-lumba berwarna pink
Mungkin terdengar aneh memang dan unik, namun faktanya terdapat di sungai Amazon. Lumba-lumba ini memiliki warna merah muda atau pink. Kabarnya pula, jenis yang satu ini cukup sulit untuk ditemui, namun untungnya kami punya foto yang cukup jelas untuk menggambarkan Lumba-lumba pink tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep salad sayur-sayuran

PASSUS(Pasukan Khusus) SMA NEGERI 5 PALEMBANG

Resep Cilok